Minggu, 13 September 2009

Tips merawat sebuah printer dengan benar

Printer adalah sebuah alat cetak yang sudah sering kita liat dan sudah umum digunakan oleh setiap orang untuk mencetak sebuah hasil pekerjaan yang telah dibuat. Dan printer merupakan peripheral PC yang penting. Kebanyakan printer PC memakai Interface pararel atau centronics. Pada PC interface tersebut berupa konektor jenis D 25 pin, interface pararel tersebut mengirim kedelapan bit data secara serempak, dimana saluran strobe memberitahukan printer bilamana terdapat karakter untuk dibaca. Sinyal lain digunakan untuk memberitahukan PC bila interface sedang aktif atau sibuk, kesalahan akan terjadi atau kertas habis dsb.

Dan printer seperti hal lainnya, akan menguntungkan bila dirawat dengan baik dan dirawat dengan cermat.sebagian besar printer pembersihan dilakukan dengan mengganti sebuah pita kalau memang sering digunakan. Bila untuk membesihkan printer. Hal pertama yang dilakukan adalah mematikan printer terlebih dahulu, mencabut kabel dari stop kontak dan buka bagian yang ingin dibersihkan.

Hal yang harus diperhatikan pada saat membersihkan head cetak dot-matrix atau daisywheel memakai sarana khusus. Sarana tersebut terdiri dari selembar pembersih yang dimasukkan melalui printer yang seakan – akan berupa kertas dan larutan pembersih. Maka yang perlu dilakukan adalah basahi lembaran tersebut dengan larutan, kemudian jalankan printer untuk mencetak di atasnya tapi tidak menggunakan pita untuk mengujinya.

Dimana larutan tadi untuk melarutkan sisa – sisa tinta yang kering, kemudian diserap oleh lembaran tersebut. Dan juga perlu membersihkan platen (silinder karet) untuk menghilangkan tinta yang tersisa saat kertas telah dicetak. Prefect data merupakan pembersih khusus dengan sikat cetakan, dimana berguna untuk membersihkan platen yang terkena tinta. Namun bantalan yang melindungin larutan juga dapat dipakai untuk membersihkan bagian luar dari platen tersebut.

Dan jika ada bagian printer yang tidak mampu bergerak dengan baik, maka pakailah minyak pelumas mesin. Kebanyakan printer sekarang memakai bantalan poros yang dirancang untuk tidak memerlukan pelumasan lagi. Bila kotoran kertas telah mengotori, maka setetes minyak diperlukan untuk membersihkannya. Jika ingin menggunakan pelumas minyak tersbut gunakanlah seminimal mungkin.

Setelah selesai membersihkan bagian yang kotor pada printer maka pasanglah pita atau catridge tinta yang baru. Lakukanlah pengujian printer untuk mengecek kualitas cetaknya bagus atau tidak. Dari kegiatan diatas maka bersihkan tutup printer dengan memakai lap halus dan larutan detergent kemudian pasanglah kembali.

Dan langkah – langkah diatas dapat disimpulkan seperti dibawah ini.

1. Matikan printer, lepaskan tutup dan pita.

2. Bersihkan kotoran yang melekat pada printer.

3. Periksa dan bersihkan jalan keluar masuk kertas dan platen.

4. Bersihkan dan gantilah head cetak.

5. Gantilah pita bila sudah habis.

6. Lakukan pengujian pencetakan untuk mendapatkan hasil cetak yang baik.

7. Bersihkan dan pasang kembali tutup printer.

8. Lakukan pemeriksaan kertas dan pastikan dengan tepat dan kondisi masuk dengan lancar.

0 komentar:

Posting Komentar

Most Wanted © 2008. Free Blogspot Templates Sponsored by: Tutorial87 Commentcute
This template is Edited and brought to you by : allblogtools.com Blogger Templates